Tes Potensial Akademik (TPA) yang diujikan di STAN, salah satu jenis soalnya adalah persamaan dan pertidaksamaan. Materi ini termasuk dalam perhitungan matematika. Nah, untuk itu, kali ini kita akan membahas mengenai penyelesaian soal persamaan dan pertidaksamaan beserta contohnya.

Persamaan

Perhatikan contoh soal berikut ini:
Jika 3x + 5y = 27 dan 2x + 5y = 23, maka nilai x dan y masing-masing adalah …
a. 3 dan 4
b. 4 dan 3
c. 4 dan 5
d. 5 dan 4
Penyelesaian soal seperti diatas, kita bisa menggunakan metode eliminasi dan/atau substitusi. Berikut penyelesaiannya:

Nah, untuk mendapatkan nilai y, maka kita bisa masukkan nilai x yang sudah diketahui kedalam salah satu persamaan.
>> 2(4) + 5y = 23
>> 5y = 15, maka y = 3

Pertidaksamaan

Perhatikan contoh soal pertidaksamaan berikut ini:
Himpunan penyelesaian dari persamaan 2(x-3) >= 4(2x+3) adalah …
Jawab:
>> 2(x-3) >= 4(2x+3)
>> 2x – 6 >= 8x + 12
>> 2x-8x >= 12 + 16
>> -6x >= 18
>> x <= -3

Latihan Soal Persamaan & Pertidaksamaan

  1. Jika persamaan (4-2)/(2-x)=x berapakah nilai dari x^2-3x+4 ?
    a. -4
    b. 0
    c. 1
    d. 2
    e. 3
  2. Jika x = 1/16 dan y = 16%, maka …
    a. x > y
    b. x < y
    c. x = y
    d. x + y = 1
    e. x dan y tidak dapat ditentukan
  3. Jika xy = 5 dan x^2 + y^2 = 7, maka …
    a. (x+y)^2 lebih besar dari pada 7
    b. (x+y)^2 lebih kecil dari pada 17
    c. (x+y)^2 sama dengan 17
    d. (x+y)^2 sama dengan 17
    e. Tidak dapat ditentukan hubungannya
  4. Jika X + Y + Z = 350, dan X + Y = 100, maka …
    a. Z lebih besar X
    b. Z lebih kecil dari pada X
    c. Z sama dengan X
    d. Z lebih besar dari X + Y
    e. Antara Z dan X tidak dapat ditentukan
  5. Persis tiga tahun sebelum Anisa lahir adalah tahun 1980-x. Jadi ulang tahun ke-20 Anisa jatuh pada tahun …
    a. 1997 + x
    b. 1997 – x
    c. 2003 – x
    d. 2003 + x
    e. 1980 + 20x
  6. Jika xBy = (x)(y)/(x-y), maka 5B(6B3) = …
    a. -30
    b. 1
    c. 5
    d. 15
    e. Tidak dapat ditentukan
  7. 4,9 x 29 + 1,1 x 51 + 29 x 0,1 + 51 x 2,9 = …
    a. 245
    b. 295
    c. 305
    d. 349
    e. 389
  8. Diketahui x^3y^2 = 144 dan xy = 6. Jika x = y-1 dan y adalah positif, berapakah nilai dari 21x-6 ?
    a. -25
    b. -20
    c. -15
    d. -5
    e. 0
  9. Jika P != 0 dan akar-akar persamaan x^2+px+q=0 adalah p dan q, maka p^2 + q^2 = … (keterangan: != artinya tidak sama dengan)
    a. 2
    b. 3
    c. 4
    d. 5
    e. 6
  10. Jika (5x+2y)/(6x-y) = 5/3, 6x-y != 0, maka … (keterangan: != artinya tidak sama dengan)
    a. x < y
    b. x > y
    c. x = y
    d. x + y = 2
    e. hubungan x dan y tidak dapat ditentukan
  11. Jika x = 667 x 665 – 666^2 + 1 dan y = 120^2 – 121 x 119, maka …
    a. x < y
    b. x > y
    c. x = y
    d. x + y = 5
    e. hubungan x dan y tidak dapat ditentukan
  12. Diketahui sistem persamaan:
    x + 2y + 3z = 30
    2x + 3y + z = 10
    3x + y + 2z = 20
    Maka nilai dari x + y + z adalah …
    a. 10
    b. 11
    c. 12
    d. 13
    e. 14
  13. Jika -102x + 17y = 136, maka nilai dari 66x – 11y = …
    a. -88
    b. -48
    c. 48
    d. 88
    e. 108
  14. Manakah dari bilangan berikut yang nilainya melebihi 5/6 …
    a. 83%
    b. akar(25/36)
    c. 833%
    d. 11/16
    e. 0,833333
  15. Jika 0 < x <= 8 dan -3 <= y < 12, manakah dari angka berikut yang tidak mungkin termasuk himpunan nilai xy?
    a. -24
    b. -12
    c. 0
    d. 96
    e. 72
  16. Berapakah 6,5% dari 665?
    a. 2,3225
    b. 4,3225
    c. 23,225
    d. 43,225
    e. 203,225
  17. Jika y = (1/88-1/89) dan x = (1/85-1/86), maka …
    a. y > x
    b. y < x
    c. y = x
    d. y >= x
    e. y <= x
Leave a Reply